bagaimana mendapatkan proyek?

23Jun08

Setelah selesai menekuni pendidikan arsitektur, salah satu pilihan berikutnya adalah mulai bekerja sebagai arsitek. Tetapi, dari mana datangnya pekerjaan? Pada dasarnya ada dua jenis pekerjaan (proyek) arsitektur, yaitu merancang sebuah karya baru, atau merenovasi karya yang sudah ada sebelumnya. Walaupun demikian, tanpa tergantung jenis proyeknya, ada beberapa kesempatan untuk mendapatkannya:


Bekerja pada sebuah biro arsitek.
Ini mungkin pilihan yang paling banyak dilakukan oleh arsitek fresh graduate. Bekerja disebuah biro arsitek, didalam atau diluar negeri, dan dengan demikian mendapatkan pekerjaan dari penugasan yang diberikan oleh biro tersebut. Melalui biro ini arsitek akan mengerjakan proyek sesungguhnya dan belajar mengenali aturan main dalam dunia profesi arsitek.

Mengikuti sayembara design.
Dengan memenangkan sayembara maka, umumnya, akan diteruskan menjadi sebuah proyek nyata. Sayembara semacam ini juga mempunyai nilai yang tinggi karena kalangan arsitek secara langsung akan mengakui kemampuan arsitek yang berhasil memenangkan sayembara. Seandainya ikut tetapi belum menang, maka sayembara selalu merupakan cara yang baik untuk mempelajari apa yang dikerjakan oleh sesama arsitek.

Kerjasama dengan arsitek lain.
Cara ini relatif baru dan mulai dikenal beberapa tahun belakangan dengan maraknya kerjasama dalam menyelesaikan sebuah proyek. Variasinya, antara lain, dua atau lebih arsitek bekerjasama penuh dalam satu proyek, atau seorang arsitek mendukung kerja arsitek lain dengan mengerjakan hanya beberapa tahapan pekerjaan saja. Misalnya seorang arsitek mendapatkan proyek dan mengerjakannya sampai tahap pra rancangan, tahap pekerjaan selanjutnya diteruskan oleh arsitek yang lain.

Membuat proyek sendiri.
Ada dua pengertian dengan proyek sendiri. Yang pertama adalah membuat design untuk proyek yang dibiayai oleh diri sendiri, misalnya membuat rumah orang tua. Yang kedua, datangnya sebuah proyek baru tanpa usaha (baru) selain karena keberhasilan proyek-proyek yang lalu. Repeated order. Ini keberhasilan yang memuaskan karena (calon) pemberi tugas sudah percaya kepada kemampuan dan hasil karya seorang arsitek.

About these ads


10 Responses to “bagaimana mendapatkan proyek?”

  1. salam kenal, :)

  2. 3 e

    terima kasih sudah mampir ke warung saya .. salam, e.

  3. 4 ariko

    wah iya neh pak Endy…
    saya juga sering mampir ke warung, sekedar liat-liat
    apa ada dagangan baru :)

  4. 5 e

    @ ariko: wee .. terima kasih banyak. nanti saya mampir cari jajanan ke warung ariko. salam, e.

  5. 6 p.m.

    bang e,
    terima kasih telah berkunjung ke warung saya dan memberi komentar.
    nice blog!
    p.m.

  6. Yup. Saat ini pun saya sedang memulai berwiraswasta menjadi konsultan sendiri. Terima kasih atas saran yang diberikan. komentarin juga blog saya ya. rumah-tumbuh.blogspot.com

  7. 8 xsax88

    Saya ingin tahu, di IAI adakah informasi tentang lowongan pekerjaan untuk arsitek yang baru lulus… Karena pada saat ini dunia ilmu arsitektur semakin banyak peminatnya… Kalau tidak ada yang dapat menyalurkan mereka2 yang baru lulus dari pendidikan arsitek… Apakah Pekerjaan di Bidang yang lain harus di jalani juga bagi seorang Sarjana Arsitek ?……..

  8. 9 e

    @ xsax88: pertanyaannya saya teruskan ke pengurus iai deh .. tetapi setahu saya di iai memang tidak/belum ada informasi tentang lowongan pekerjaan secara terstruktur dan berkala. yang ada sekedar info lepas satu-satu .. yang lebih sering justru info yang beredar di milis lingkungan arsitek (ada beberapa milis tuh, silakan pilih dan bergabung disitu) ..

    terima kasih sudah mampir ke warung saya, salam ..

  9. Salam kenal..
    Masukan yg bgus


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: