rakernas iai @ bukittinggi

duh .. belum sempat update walaupun sudah pingin sharing ..
sibuk sejak akhir februari lalu; dimulai dari sabtu 27 feb dengan penjurian tahap 1 sayembara itb, terus minggunya jemput presiden uia di jakarta, senin 1 maret acara seminar dan pameran arsapex di bandung, 2 maret penjurian tahap 2 sayembara itb, 3 maret pagi-pagi ketemu menteri p.u diteruskan dengan public lecture .. 5 maret berangkat ke padang terus ke indarung untuk sarasehan iai, sore berangkat ke bukittinggi untuk rakernas iai. 6-7 maret di bukittinggi, kembali ke jakarta 7 maret malam ..

ini sedikit catatan tentang beberapa masalah yang mengemuka, tentang jalannya organisasi maupun keadaan praktik sehari-hari, yang terjadi berdasarkan laporan seluruh iai daerah dan cabang pada saat rakernas iai di bukittinggi.

– pendanaan penyelenggaraan program kerja dan kesekretariatan iai.
– masalah-masalah seputar manfaat sertifikat arsitek, proses aplikasi, legalitas, lama masa berlaku, perolehan nilai kum pkb/cpd dan proses perpanjangan. termasuk pula antisipasi dengan munculnya pp 04/2010.
– pemantapan penyelenggaraan program pkb/cpd.
– iai da/cab perlu didukung oleh iai nas untuk mendorong berlakunya sibp/surat ijin praktik dan tpak/tabg.
– iai perlu membuat jadwal tahunan untuk seluruh program kerja baik di tingkat nasional, daerah, cabang maupun komisariat dan perwakilan.
– iai perlu melengkapi kepranataan organisasi termasuk penegasan struktur dan hirarki organisasi.
– pengaturan kerja lintas batas tingkat daerah dan cabang
– pengaturan registrasi praktik arsitek asing di indonesia.
– permintaan kepada pemerintah supaya standar keahlian yang dibutuhkan proyek tidak berdasarkan padagelar akademis (s1-s2-s3) melainkan sertifikat keahlian (pratama-madya-utama).
– penyebarluasan materi dan sosialisasi rancangan uu-arsitek.

sesudah rapat pleno dan diskusi masalah dan usulan penyelesaiannya, rakernas dibagi menjadi empat komisi. masing-masing pembahasan dalam komisi dan rekomendasi rakernas akan saya susulkan juga disini ..

Leave a comment