hasil karya arsitek

27Feb08

Catatan ini saya anggap penting untuk diketahui oleh para (calon) pengguna jasa untuk mengetahui apa yang seharusnya diperoleh dengan menggunakan jasa arsitek. Mungkin catatan ini juga bermanfaat bagi para arsitek sendiri, sekedar sebagai refreshing atau mengingatkan besarnya tanggung jawab arsitek dalam menyediakan jasanya.

Selain harus bekerja dengan kode etik dan penuh keahlian, arsitek akan menghasilkan karyanya dalam bentuk gambar-gambar dan dokumen teknis. Apabila diperlukan, dapat pula diminta menyediakan model karyanya dalam bentuk maket bangunan dan atau gambar-gambar 3 dimensi. Namun demikian perlu diingat bahwa penyediaan jasa arsitek dan imbalan jasa yang diberikan tidak dapat dilihat dari banyak-sedikitnya jumlah gambar yang dihasilkan.

Layanan utama jasa arsitek merupakan pekerjaan perancangan arsitektur dan pengelolaan proses pembangunan yang dilaksanakan melalui beberapa tahapan pekerjaan berikut:
– Konsep Rancangan (Conceptual Design)
– Pra Rancangan (Preliminary Design)
– Pengembangan Rancangan (Design Development)
– Pembuatan Gambar Kerja (Construction Documentation)
– Proses Pengadaan Pelaksana Konstruksi (Tender)
– Pengawasan Berkala (Periodical Inspection)

Keseluruhan tahapan pekerjaan merupakan proses kreatif yang makin mendekati proses akhir makin mengecil porsinya, tetapi berubah menjadi proses produktif. Konsep design arsitektur dan pilihan-pilihan diajukan dan diputuskan pada tahap-tahap awal (Konsep Rancangan – Pengembangan Rancangan), kemudian memproduksi dokumen untuk dilaksanakan (Gambar Kerja) pada tahap akhir perancangan. Dengan gambaran sederhana ini dapat dimengerti bahwa produk akhir arstek merupakan perujudan dari proses kreatif yang panjang sejak awal penugasan.

Tergantung pada jenis dan kompleksitas bangunan serta penugasan yang diberikan, dapat saja arsitek hanya mengerjakan beberapa tahap pekerjaan dari keseluruhan tahapan tersebut diatas. Apabila seorang arsitek diberi penugasan penuh, maka sudah menjadi kewajibannya untuk melakukan pengawasan pekerjaan konstruksi di lapangan secara berkala.

Pada akhirnya, pengguna jasa akan memperoleh lengkap hasil karya arsitek yang meliputi dokumen gambar, rincian spesifikasi teknis bangunan dan rencana anggaran biaya.



One Response to “hasil karya arsitek”


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: