proyek unik

06Mar08

Awal tahun ini saya mendapat pekerjaan merancang sebuah kompleks penelitian di perbatasan Jakarta-Bogor. Tanahnya cukup luas, sekitar 10-an hektar, tetapi sebagian besar tetap akan dipertahankan sebagai sawah, seperti kondisi saat ini, dan menjadi bagian dari penelitian itu sendiri. Perancangan arsitektur bangunannya cukup menantang karena pemberi tugas berangan-angan punya lab. penelitian yang ‘nggak seperti gedung lab. pada umumnya.

KDB 5%, lahannya berkontur, jaringan listrik sudah ada tapi air bersih dan telepon belum (ya, pakai handphone terus untuk komunikasi). Kalau hujan, perjalanan ke lokasi bisa ditempuh dengan mobil 4WD … atau jalan kaki. Jadi, perbaikan jalan desa dikerjakan dulu supaya material bisa masuk sampai di lokasi.

Anyway, yang unik untuk saya ceritakan adalah bahwa pertama, belum ada Term of Reference (ToR) yang baku. Memang sebuah kompleks penelitian bukanlah jenis proyek baru, tapi menurut informasi pemberi tugas, ini menjadi yang pertama yang menggabungkan penelitian tentang pangan, air bersih dan energi. Masing-masing punya lab. penelitian akhir sendiri-sendiri tetapi mendapat pasokan dari sebuah lab. penelitian awal bersama. Sudah googling kemana-mana saya memang ‘nggak mendapatkan informasi yang cukup tentang lab. gabungan seperti itu. ToR awalnya ada, tetapi berkembang sejalan dengan proyeknya … maklum juga, lab. ini banyak patent-nya, jadi persyaratan ruang dan peralatan datang sedikit-sedikit.

Yang kedua, ternyata pihak-pihak yang terlibat kebetulan semuanya arsitek. Pemberi tugasnya seorang (mantan praktisi) arsitek. Kontraktornya juga arsitek. Perancangnya, jelas, arsitek. Pengawas lapangan, yang ditunjuk kemudian, juga arsitek. Tentu saja, karena bangunan lab. penelitian, butuh keahlian multi disiplin dari struktur bangunan dan mekanikal/elektrikal. Cuma, ya itu, pada tahap perancangan kreatif, sejak konsep design sampai pengembangannya, presentasi dan diskusi sering dilakukan oleh pemberi tugas, perancang dan kontraktor (proyek ini dikerjakan a la fast-track, design dan konstruksi jalan bersamaan). Anda dapat bayangkan betapa ramainya (ruwetnya?) diskusi-diskusi itu karena tiga pihak ini mengusulkan gagasan-gagasannya berdasarkan pengalaman masing-masing. Belum lagi harus siap terus melengkapi program ruang dan peralatan yang di-ToR-nya belum lengkap …

Saat ini prestasi pekerjaan lapangan baru mencapai sekitar 30-an persen. Kelak kalau pemiliknya ‘nggak keberatan, saya posting beberapa fotonya disini.



No Responses Yet to “proyek unik”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: