nimby

04May08

Di halaman tengah Inspiratorial Kompas minggu lalu menampilkan maraknya pembangunan superblok di Jakarta. Model pengembangan properti mixed-use seperti ini, dengan fungsi dan penyediaan fasilitas campuran, tampaknya menjadi cara membangun mutakhir yang dipercaya akan melariskan penjualan. Saya kutipkan disini beberapa proyek superblok di Jakarta, yaitu antara lain:


– Podomoro City, di kawasan S.Parman Jakarta Barat. Luas total area mencapai 21 Ha. dengan penyediaan fasilitas apartemen, perkantoran, pertokoan, hotel dan retail mall.
– Seasons City, lokasinya di area Latumeten Jakarta Barat. Luas area 5,5 Ha. yang menawarkan fasilitas apartemen, ruko dan perumahan.
– CBD Pluit, akan didirikan diatas lahan seluas 10 Ha. di area Pluit Jakarta Utara. Fasilitas yang disediakan adalah perumahan, condominium towers, perkantoran, ruko dan mall.
– Rasuna Epicentrum, sebuah mega superblok dengan luas mencapai 53,5 Ha. di Kuningan Jakarta Selatan. Fasilitas yang disediakan antara lain apartemen, perkantoran dan concert hall.
– Ciputra World, di area Casablanca Jakarta Selatan. Superblok ini akan didirikan diatas lahan seluas 10 Ha. dengan fasilitas hotel, mall, perkantoran, apartemen dan sebuah museum seni seluas 10.000 m2.
– Kota Kasablanka, di area yang berdekatan dengan luas lokasi mencapai 9,6 Ha. Fasilitas yang disediakan juga serupa dengan yang lain yaitu hotel, pusat perbelanjaan, menara apartemen dan perkantoran.
– Kuningan City, juga di lokasi yang berdekatan di area Kuningan Jakarta Selatan. Luas total area sekitar 2,9 ha. dengan fasilitas menara apartemen, perkantoran dan entertainment center.
Gandaria City, total lahan sekitar 8,5 Ha. berlokasi di jalan arteri Pondok indah Jakarta Selatan. Fasilitasnya, lagi-lagi, apartemen, mall, hotel dan perkantoran.
– Kemang Village, di kawasan Kemang Jakarta Selatan. Mixed-use development yang terdiri dari fasilitas apartemen, mall, hotel, sekolah dan rumah sakit.
– The St. Moritz, di kawasan Puri Indah Jakarta Barat seluas 12 Ha. Didalamnya bakal ada apartemen, pusat belanja, hotel, rumah sakit dan convention center.

Hmm .. beberapa tahun kedepan Jakarta sudah pasti akan tambah padat, sumpek dan macet dengan pembangunan properti tersebut diatas dengan luas lahan mencapai lebih dari 130 Ha. Saya percaya kecenderungan pembangunan properti model ini juga terjadi di kota-kota besar di seluruh Indonesia. Celakanya, saya tidak melihat ada yang membangun fasilitas publik yang significant. Mengapa tidak ada yang membangun dan mengembangkan, misalnya, stasiun kereta api terpadu? Bukankah fasilitas ini justru akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan ratusan ribu (calon) penghuni properti ratusan hektar diatas? Apakah stasiun kereta api, terminal bis dan terminal angkot selalu dianggap kumuh, murahan dan akan menjatuhkan citra propertinya? Pada iklan dan artikel bahkan tidak disebutkan bagaimana integrasinya dengan pola jaringan transportasi publik. Luar biasa! Seolah-olah transportasi publik menjadi bagian yang sama sekali terpisah, bukan bagian dari kota, dan tidak perlu dipikirkan. Padahal, banyak contoh sukses bagaimana properti mixed-use dibangun bersama dengan jaringan transportasi publik dan tetap nyaman, indah dan menguntungkan [lihat Kyoto-eki]. Boleh jadi ratusan hektar properti mewah diatas bahkan tidak memikirkan kemungkinan adanya jalur subway melintas dibawah mereka, atau stasiun busway ditengah-tengah pusat perbelanjaannya.

Kereta api itu penting. Bis penting. Pasar penting. Angkot juga penting. Fasilitas publik itu penting. Harus dibangun, tetapi kalau bisa jangan di tanah saya .. nimby .. not in my back yard ..



One Response to “nimby”

  1. Yang saat ini menjadi polemik saya kira adalah menara komunikasi. Dengan segala argumentasi tentang gangguan kesehatan, tapi kiranya komunikasi selular tetap vital. Vital tapi not in my back yard… :p

    kalau mas Yudha kasih title-nya necessary evil…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: