kasus sekitar kode etik

14Jul08

Membaca kode etik dan kaidah tata laku arsitek bisa jadi tidak menarik, kurang membumi atau bahkan membosankan. Tetapi kalau kita coba kaitkan dengan kenyataan sehari-hari maka banyak sekali hal-hal yang bisa langsung dibandingkan terhadapnya. Dan, harus diakui, akan segera kelihatan bahwa banyak hal-hal yang tidak sejalan dengan kode etik, sehingga kerap kali timbul pertanyaan apakah nilai-nilai masyarakat kita sudah terbalik-balik, atau kode etiknya yang ketinggalan jaman. Salah satu contoh adalah kasus dibawah ini.

Anda bekerja keras menyelesaikan sebuah design gedung tinggi, melelangkan dengan fair, ikut mengawasi pekerjaan di lapangan secara berkala, dan pada akhirnya menerima pujian dari pemberi tugas bahwa ia sangat puas terhadap keseluruhan pekerjaan. Segera setelah Serah Terima 1, kontraktor gedung tersebut menyampaikan terima kasih atas kerjasama tim yang luar biasa, dan memberi Anda hadiah sebagai penghargaan. Apakah Anda akan menerima hadiah tersebut? Mengapa?

Dulu, pada saat saya mulai berpraktik sebagai arsitek, memberi komisi kepada pemberi tugas dianggap tidak etis. Tetapi, kalaupun tidak bisa dihindari, maka komisi akan diberikan setelah proyek selesai. Sekarang, komisi sudah menjadi seperti kewajiban, dan sering-sering sudah diminta didepan bahkan sebelum proyeknya sendiri dimulai.
Lhah?



One Response to “kasus sekitar kode etik”

  1. 1 bayu

    paradigma “komisi-komisian” memang sangat merajarela ternyata …. saya kira cuma di daerah saya saja, ternyata, setelah membaca sekelumit artikel di atas, saya berkesimpulan ‘wabah’ ini sudah menyebar ke pelosok-pelosok Indonesia …
    namun .. saya sebagai muslim, cuma bisa bertawakal kepada Allah semata, dan untuk menyehatkan jasmani dan rohani saya, saya hanya meninjau semua hal itu dari sisi positifnya saja …. contohnya … menganggapnya sebagai pembersihan harta, bagi hasil, sedekah, bahkan berharap pahala yang besar karena telah membikin kita masuk ke kategori ‘orang dermawan’ …


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: