susunan pengurus?

19Dec08

.. ini posting saya waktu ditanya oleh beberapa rekan dari daerah tentang ‘bocoran’ susunan pengurus iai. saat ini susunannya sudah lengkap, sudah dibicarakan dengan dewan kehormatan iai & ketua pengurus daerah (iai jakarta). sesaat lagi tentu akan diumumkan secara terbuka ..

hehehe .. sorry banget harus nunggu .. mudah-mudahan akhir minggu ini sudah bisa di-posting lengkap disini. yang jelas kepengurusan akan terdiri dari kombinasi arsitek senior dan arsitek muda, dimana yang muda mempunyai porsi lebih besar.

akan ada 2 wakil ketua umum; selain tugas-tugas sebagai wakil, wk ketua umum 1 akan fokus pada masalah organisasi dan kepranataan, sedangkan wk ketua umum 2 fokus pada pembangkitan dan pengembangan daerah/cabang.
juga ada 2 bendahara yang akan memikirkan kebijakan-kebijakan keuangan serta menangani detail pengaturan keuangan organisasi. tugas pada ke-sekjen-an saya anggap sangat berat sehingga saya akan menempatkan 2 rekan disini, urusan ke-sekjen-an yang luas sampai urusan eksternal organisasi, dan mengurusi kebijakan kesekretariatan organisasi.
gambaran pada badan-badannya adalah sebagai berikut:
1. badan sinfar, segera akan membereskan infra struktur organisasi (a.l. database), memfungsikan pusat data iai, membangun komunikasi antara nasional-daerah-cabang dan berbagai perlintasannya, termasuk, kemudian, membangun media komunikasi yang handal.
2. badan pendidikan arsitektur, merumuskan kebijakan organisasi ttg pendidikan arsitektur (berdasarkan pedoman dpa) untuk diteruskan kepada daerah/cabang dan memberi masukan kepada perguruan tinggi arsitektur.
3. badan pengkajian arsitektur & pelestarian, mengkaji dan menelurkan kebijakan-kebijakan dalam bidang arsitektur, termasuk hal-hal yang berkaitan dengan pelestarian, dalam arti seluas-luasnya.
4. badan pengabdian profesi, memikirkan kebijakan yang berkaitan dengan pengabdian dan pelayanan jasa arsitek dalam arti luas.
5. badan keprofesian, merumuskan kebijakan dan koordinasi pelaksanaan pranata keprofesian, termasuk didalamnya koordinasi dengan dka.
6. badan penghargaan dan sayembara, menangani kebijakan organisasi untuk penghargaan dan sayembara, termasuk diantaranya program iai-award dan sayembara yang dapat mencerminkan pencapaian arsitektur diseluruh indonesia.

saya ingin mendudukkan peran kita masing-masing. secara sederhana barangkali bisa digambarkan sebagai berikut: pengurus nasional merumuskan kebijakan-kebijakan organisasi yang dihasilkan melalui proses yang diatur oleh ad/art, kemudian program kegiatan dijalankan oleh masing-masing daerah/cabang. dukungan penuh oleh pengurus nasional tetap diberikan pada daerah/cabang dalam melaksanakan kegiatan, sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

saat ini kami masih mencari kandidat untuk mengisi posisi direktur eksekutif (ceo, pelaksana harian, kepala kantor, sekretaris eksekutif, apapun namamya nanti) untuk mendukung keseharian jalannya organisasi .. ‘nggak gampang mengisi posisi ini tetapi mudah-mudahan nanti bisa terlaksana dengan baik sehingga para pengurus bisa fokus pada tugas-tugasnya.

beberapa hal lain juga sudah mulai dipikirkan, misalnya program dan pengaturan rakernas 1 dan proses uu-arsitek .. pada saat yang baik segera akan kita bicarakan bersama. yang patut kita perhatikan adalah bahwa tahun 2009 akan ada puncak-puncak keramaian politik di indonesia, yaitu pemilu legislatif dan pemilihan presiden. mau tidak mau ini harus kita cermati dalam menjalankan program-program kita.

demikian dulu ya .. salam, e.



No Responses Yet to “susunan pengurus?”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: