aturan baru | revisi keppres 80

08Aug10

duh .. dah lama banget gak update. bener-bener belum sempat walaupun bahannya banyak. mungkin cara ngupdate-nya juga perlu di-update ya ..

saat ini sudah ada peraturan baru tentang pelaksanaan pengadaan barang dan jasa negara yang dituangkan melalui perpres no.34 tahun 2010 ralat: sampai saat revisi ini dibuat, nomor perpres belum ada. perpres ini merupakan revisi kepres 80/2003. berbeda dengan revisi-revisi sebelumnya (kepres 80 sejak awalnya dulu sudah 8 kali revisi), revisi kali ini dianggap sangat signifikan dan menyentuh banyak hal strategis. berikut ini adalah beberapa butir penting pada perubahan tersebut:

  • pendanaan proyek yang berasal dari pinjaman dan hibah luar negeri harus mengikuti perpres. jika ada perbedaan, harmonisasi dilakukan pada saat negosiasi pinjaman.
  • pembentukan unit layanan pengadaan (ulp).
  • keharusan melakukan e-procurement.
  • paket pekerjaan untuk usaha kecil nilainya diperbesar menjadi rp.2,5 milyar.
  • akan digelar sayembara dan kontes untuk mendorong penggunaan produk hasil kreatifitas, gagasan inovasi, riset serta produk seni dan budaya.
  • dalam keadaan bencana dan darurat, pemerintah boleh melakukan penunjukan langsung tanpa batasan.
  • dimungkinkan penunjukan langsung pada barang dan jasa khusus, seperti obat, alat kesehatan habis pakai yang harganya ditentukan  dengan peraturan menteri, mobil dan sepeda motor dengan harga khusus pemerintah, serta sewa penginapan hotel dan gedung.
  • kontrak tahun jamak dapat ditetapkan oleh menteri atau pimpinan lembaga yang bersangkutan untuk kegiatan sampai dengan rp.10 milyar.
  • ada preferensi harga dan tingkat komponen dalam negeri.
  • untuk mengurangi jumlah pemohon sanggah, diperkenalkan adanya jaminan sanggah bagi peserta yang akan melakukan sanggah.

:: sumber: kontan, sabtu, 7 agustus 2010

update: download file perpres 54/2010 [disini]



7 Responses to “aturan baru | revisi keppres 80”

  1. 1 Azizul Hakim

    perpres 34/2010 tentang BIN boss. cek aja website: sekretaris negara RI

  2. 2 e

    @azizul hakim: correct pak. saya kutip nomor perpres tersebut dari 2 media nasional (kontan dan media indonesia), tetapi ternyata, seperti anda bilang, perpres no 34/2010 mengatur hal lain. maaf dan akan saya perbaiki dengan mengubah judul dan kata yg mengandung nomor perpres tsb. | salam, e.

  3. 3 tiopan

    kalau sudah ada perpres yang baru tentang pengadaan barang dan jasa tolong kirimi ke email saya ya mass, help me pless

  4. 4 e

    @tiopan: belum tahu kapan official doc-nya siap diunduh, tapi kalau sudah ada tentu di-update disini. saat ini baru ada draft final doc-nya, tetapi kayaknya tidak sama persis dengan yang diteken presiden.

    • 5 e

      release resmi sudah ada, saya posting tersendiri dibawah judul ‘revisi keppres 80 | kepres 54/2010’ ..

  5. 6 Asriawan As

    jika misalx pengadaan kendaraan roda empat dengan pagu anggaran sekitar 180 juta, dan kendaraan telah serah terima sedangkan STNK n BPKB masih terhalang krn birokrasi samsat, pertanyaannya apakah kontraktor tsb tetap kena denda, dan apakah dendax sebesar anggaran yg nota bene telah serah terima kendaraan. trims

  6. 7 e

    @asriawan: bagaimana bunyi kontrak pengadaan sepeda motor itu? bilamana dan bagaimana serah terima dinyatakan telah dilakukan? tentang hal ini tidak boleh ada multi interpretasi, harus ada pemahaman yang persis sama antara pemberi tugas dan kontraktor.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: