arsitektur indonesia?

23Aug12

1982. tiga puluh tahun yang lalu. ada kegiatan besar di jogja dengan tajuk ‘menuju arsitektur indonesia’. tiga puluh tahun kemudian, saat ini, tajuk besar itu masih berbunyi. sebagian arsitek merasa masih perlu tujuan itu, sementara sebagian yang lain terus bekerja dengan atau tanpa pretensi menuju arsitektur indonesia. arsitek dari luar indonesia kemudian menulis ‘ini sekedar fiksi’, sementara arsitek dari luar yang lain menyatakan ‘indonesia sejak dulu sudah punya arsitektur sendiri, teruskan saja karena kamu yang (mestinya) paling tahu tentang diri kamu sendiri’ ..

sejak delapan belas tahun lalu, saya berpendapat bahwa kalau arsitek bekerja di indonesia, hidup di indonesia, menghirup udaranya, bergaul dengan manusianya, belajar dari guru-guru indonesia, menjejak tanah indonesia, minum airnya dan makan segala yang tumbuh di indonesia, maka karya yang dihasilkan adalah arsitektur indonesia.

kalau karyanya sama seperti arsitektur di kota-kota besar dunia pada umumnya, atau ujudnya dapat dibangun di lokasi manapun seperti batere yang bisa dipakai oleh segala macam lampu senter .. ha! yang salah bukan arsitektur indonesianya. masalahnya ada pada arsitek indonesianya.

 

salam hari kemerdekaan.

salam hari raya idul fitri.



No Responses Yet to “arsitektur indonesia?”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: