jalan kaki di jakarta

14Aug13

banyak orang bilang tidak mungkin untuk jalan kaki di jakarta. selain panas terik dan debu, kerap kali jalur pedestrian yang tidak cukup lebar harus direbut dari pedagang kaki lima dan sepeda motor. sekedar untuk membenarkan pendapat umum itu saya merencanakan berjalan kaki di beberapa tempat di jakarta. walaupun baru dua kali hal ini terlaksana, saya bagikan ceritanya disini ..

kesempatan pertama adalah jalan kaki dari area monas, tepatnya jalan medan merdeka barat menuju ke taman suropati di menteng. waktunya siang hari setelah sholat jumat. jalur yang ditelusuri sepanjang jalan thamrin sampai bunderan hotel indonesia, kemudian masuk ke jalan imam bonjol ke arah timur sampai taman suropati. jalan kaki kedua, juga dipilih waktu siang hari bolong, dari area masjid sunda kelapa ke jalan guntur di pasar rumput, kemudian kembali ke arah utara menelusuri jalan cik ditiro, jalan r.p. soeroso (d/h gondangdia lama) sampai kantor pos cikini, dan kembali ke area masjid sunda kelapa melalui jalan cut mutia dan jalan teuku umar.

dari dua perjalanan kaki ini kesimpulan sementara adalah bahwa di kawasan jakarta pusat berjalan kaki bisa dilakukan walaupun kurang nyaman. jalur pedestrian hanya sebagian kecil tidak bersambung atau tidak ada (contoh: tidak ada jalur pedestrian di jembatan kali malang-jalan guntur pasar rumput), sebagian kecil lainnya terlalu sempit karena di-okupasi pemilik rumah menjadi taman (jalan cik ditiro), dan sebagian kecil lainnya sengaja ditutup untuk alasan keamanan kedutaan besar negara asing.

panas terik matahari pada sebagian besar jalur dapat ditepis karena pohon-pohon, lama dan baru, yang besar dan cukup rimbun. yang sangat mengganggu adalah udara panas yang keluar dari antrian mobil dan motor (jalan thamrin). suasana yang teduh dan jalur pedestrian yang lebar menjadi tidak nyaman sama sekali pada saat terjadi antrian kendaraan. apalagi ditambah dengan bis metro mini yang mengeluarkan asap hitam pekat berracun.

satu hal sangat negatif: jalur pedestrian di sepanjang jalan-jalan tersebut diatas belum mungkin dilalui oleh diffable😦 jalur tidak nyambung, permukaannya tidak rata, dan selalu dikalahkan setiap bertemu dengan jalur kendaraan bermotor.

.



One Response to “jalan kaki di jakarta”

  1. waduhhh semoga ada solusi terhadap permsalahan tersebut gan,,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: