ep04 – etika arsitek untuk non arsitek?

13Aug15

… dalam pembahasan tentang kode etik arsitek, muncul diskusi tentang apakah etika profesi arsitek sebaiknya juga diketahui oleh masyarakat luas, atau setidaknya oleh anggota masyarakat yang, langsung atau tidak langsung, akan menggunakan jasa arsitek. dari seluruh peserta diskusi, sebagian mengatakan perlu dan sebagian lain bersikap hal itu tidak perlu.

yang menyatakan bahwa tidak perlu etika profesi arsitek diketahui oleh masyarakat luas mendasari sikapnya bahwa cukup kalangan arsitek sendiri yang mengetahui dan memegang teguh etika profesinya dan, dengan demikian, secara langsung kepentingan masyarakat akan tetap terjaga sejauh para arsitek tidak melakukan pelanggaran etika. lagi pula, melengkapi sikap tersebut, di dalam ikatan arsitek indonesia (iai) sudah ada dewan kehormatan iai yang bertugas mengawasi, dan bertindak sesuai keperluan, kode etik arsitek dan dugaan pelanggaran yang terjadi.

sebaliknya, kelompok yang menyatakan perlu, mendasari pernyataannya bahwa dengan masyarakat mengetahui kode etik tersebut, maka secara langsung praktik arsitek juga terawasi oleh masyarakat. kalau hal ini terjadi maka akan dapat meminimalisir kemungkinan pelanggaran etika. seandainya ada arsitek yang lalai dengan etikanya sendiri, orang lain yang berhubungan dengan arsitek dapat mengingatkan.

ada baiknya kita coba melihat dari sisi lain. apakah sebaiknya kita, atau arsitek, sebaiknya mengetahui etika profesi lain seperti, misalnya, dokter atau wartawan. seandainya kita berhubungan dengan dokter atau wartawan, dan mendapati perbuatannya yang dapat diduga melanggar kode etik dan (dapat) merugikan, maka kita dapat mengingatkan mereka, atau melaporkan pada asosiasinya, atau setidaknya dapat bersikap lebih waspada.

mungkin memang sepatutnya kode etik profesi arsitek juga diketahui oleh masyarakat. sekurang-kurangnya untuk hal-hal berkaitan dengan pertentangan kepentingan dan kewajiban untuk taat pada aturan.



No Responses Yet to “ep04 – etika arsitek untuk non arsitek?”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: