ep09 – etika profesi?

18Sep15

kalau didalami, etika profesi arsitek bukan hanya yang tertulis di dalam buku kode etik dan kaidah tata laku arsitek saja. bukan hanya yang tersurat.

etika arsitek, kan, pilihan kita sendiri. tidak ada “paksaan” untuk menerima. nurani arsitek sendiri yang melihat, mengamati, mendalami, dan akhirnya memutuskan bahwa hal itu adalah hal yang baik-baik. kemudian menjalaninya. dengan rela dan suka hati. menjalani panggilan nurani.

dengan demikian maka tersirat didalamnya bahwa kita, selaku arsitek, untuk berpraktik dengan baik-baik, laras dengan etikanya, mengerti betul tugas, kewajiban dan hak-haknya. apa yang menjadi kewajibannya dalam memberikan jasa arsitektur kepada pemberi tugas, sembari mengingat terus bahwa ultimate client-nya adalah masyarakat luas. apa yang diberikan kepada pemberi tugas sepatutnya adalah solusi yang estetik, baik dalam menjawab kebutuhan pemberi tugas, maupun keamanan keselamatan masyarakat, dan kenyamanan untuk orang banyak.

untuk jasa yang diberikan itu maka arsitek mendapatkan kehormatan sebagai ahli. honor. respek. oleh karena itu pula sepatutnya bayaran yang diterima disebut honorarium. bukan “sekedar” fee atau imbalan jasa.

salam dan selamat berakhir minggu.



No Responses Yet to “ep09 – etika profesi?”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: