ep11 – arsitek muda

03Jan16

awal tahun, saya ingin berbagi cerita tentang sikap 2 arsitek muda, sama-sama populer , tetapi, menurut saya, sama-sama tidak peduli pada etika arsitek.

yang pertama adalah dua arsitek muda yang bekerja dalam studio yang sama, dan melakukan kesalahan etika yang sama pula, yaitu melakukan pemalsuan sertifkat keahliannya. bukan mereka sendiri yang melakukan pemalsuan itu, tetapi saya berpandangan karena sertifikat itu dibuat untuk dan atas nama mereka, sudah sepatutnya mereka bertanggung-jawab pada tindakan yang dilakukan.

yang kedua melakukan kesalahan etika karena membuat interpretasi sendiri pada peraturan bangunan. sederhana; tidak ada struktur bangunan apapun yang boleh dibangun di luar garis sempadan. tetapi dengan menganggap peraturan di kompleks perumahan itu “tidak jelas” dan “developernya” juga membolehkan, maka dengan kreatif ditambahkanlah ruang baru di luar garis sempadan.

saya selaku sejawat arsitek, mempunyai kewajiban untuk mengingatkan mereka tentang kesalahan (=pelanggaran) etika yang mereka lakukan. mudah-mudahan mereka memahami hal ini. menurut saya etika itu “dalem banget” dan pilihan nurani sendiri. dengan bersikap menjunjung tinggi etika, maka kita, mereka, punya integritas dan bisa dipercaya orang banyak.

btw, kalau bicara peraturan perundang-undangan, selain etika, mereka juga melakukan pelanggaran hukum.

nah!



No Responses Yet to “ep11 – arsitek muda”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: