ep13 – sertifikat dan lisensi

08Jan16

sekali lagi tentang sertifikat dan lisensi.

masyarakat pada umumnya membaca dua istilah ini sebagai hal yang sama. padahal, kalau didalami lebih jauh, keduanya berbeda. walaupun demikian keduanya memang memberikan hal yang sama untuk masyarakat, yaitu mereka akan mendapat “jaminan” bahwa pemilik sertifikat dan atau pemegang lisensi merupakan orang-orang yang bisa diyakini keahliannya dalam memberikan jasanya.

sejauh pemahaman saya, sertifikat adalah tanda bukti bahwa seseorang telah memenuhi syarat keahlian untuk berpraktik dalam bidang tertentu. sertifikat arsitek, dibaca sebagai pemegangnya adalah arsitek yang telah melalui assessment (pemeriksaan-pengujian) oleh para arsitek lainnya (peer review – review oleh sesama ahli), dinyatakan memenuhi syarat keahlian yang dituntut, dan dengan demikian dinilai mampu berpraktik sebagai arsitek. sertifikat adalah tanda bukti keahlian.

kita melihat contoh pada surat ijin mengemudi (sim). walaupun seseorang sudah bisa mengemudi, dan dinyatakan pandai mengemudi oleh, misalnya, lembaga kursus mengemudi, tetapi yang bersangkutan belum boleh membawa kendaraannya di jalan raya. ia harus memiliki sim terlebih dahulu. ini lisensi. karena seseorang sudah dinyatakan ahli, maka kepadanya bisa diberikan kewenangan untuk membawa kendaraan di area publik. lisensi arsitek serupa dengan pemahaman ini. karena ia sudah dinilai ahli dan cakap untuk berpraktik arsitektur, maka kepadanya bisa diberikan kewenangan untuk melakukan hal tersebut. kewenangan ini diperlukan karena akan bekerja di, dan untuk, ranah publik, maka akan muncul pertanggungjawaban kepada publik berikut konsekuensi hukumnya. jadi lisensi adalah tanda bukti kewenangan.

dengan demikian menjadi jelas bahwa sertifikat dikeluarkan oleh asosiasi profesinya, dan lisensi diterbitkan oleh, dalam hal praktik arsitektur, pemerintah.

dalam hal sistem kepemerintahan belum mempunyai mekanisme lisensi, maka pada waktu terbatas dapat saja, misalnya, sertifikat juga dianggap sekaligus sebagai lisensi.



2 Responses to “ep13 – sertifikat dan lisensi”

  1. Pak Endy saya baru browsing, dan ketemu tulisan bapak. keep on writing pak. semoga UU arsitek cepat disahkan ya🙂 all the best. Take care pak


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: