ep14 – etika dan praktik profesi

04Feb16

berbagi pemahaman dan pengalaman di dalam kelas etika profesi, menurut saya, tidak cukup hanya memberikan materi tentang etika profesinya saja. perlu diberikan pula situasi praktik profesi secara umum, faktual, sehingga lebih jelas keberadaan etika di dalam ranah praktik profesi.

selain itu, salah satu tujuan kuliah etika adalah memberikan wawasan tentang etika arsitek dalam berprofesi. oleh karena itu dapat dianggap seluruh peserta kuliah kelak akan berpraktik sebagai arsitek. dengan demikian maka penting untuk diberikan pemahaman tentang profesi dan sikap profesional. dan, tentu saja, beberapa aspek kunci dalam berpraktik, seperti antara lain, proyek arsitektur dan biro arsitek.

setelah mendapatkan gambaran umum tentang ranah profesi dan praktik arsitek(tur), maka keberadaan etika dalam praktik diharapkan menjadi lebih mudah dipahami. seluruh kaidah dasar, standar etika dan kaidah tata laku diberikan dan didiskusikan bersama berikut contoh-contoh kasus dan solusi yang terjadi.

pada dasarnya kelas etika profesi ini merupakan forum diskusi dan pembahasan kasus-kasus, untuk mengasah kepekaan nurani individual terhadap berbagai masalah yang diduga berkaitan dengan etika.



No Responses Yet to “ep14 – etika dan praktik profesi”

  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: