(r)uu arsitek

14Jun17

hari ini seluruh substansi rancangan undang-undang arsitek selesai dibahas melalui rapat panitia kerja (panja). panja merupakan gabungan dari anggota komisi v dpr dan para pejabat dari 5 kementerian/lembaga yang diketuai oleh kementerian pupr.

kami dari iai selalu berusaha hadir untuk mengikuti dan mengamati rapat-rapat pembahasan, dan kerap kali diminta masukannya mengenai masala-masalah berkaitan dengan arsitek, arsitektur dan banyak hal lain yang terkait.

alhamdulillah .. akhirnya uu arsitek akan segera terwujud setelah bertahun-tahun diangankan dan diusahakan (lihat posting saya yang lain tentang uu arsitek). kalau menuruti jadwal yang tadi disampaikan dalam rapat, 20 juni minggu depan rapat kerja komisi v dengan kementerian/lembaga, kemudian setelah reses dan libur lebaran, 4 juli dijadwalkan maju ke bamus dpr untuk diagendakan masuk ke sidang paripurna dan pengesahan uu arsitek pada kesempatan pertama.

mari kita lihat apakah jadwal tersebut dapat ditepati.

untuk sebagian, misalnya anggota komisi v dpr, pengesahan uu arsitek mungkin akhir dari sebuah perjalanan panjang. bagi kami, ini merupakan awal perjuangan baru untuk menata keprofesian arsitek di indonesia menjadi lebih baik. masih banyak hal yang perlu disiapkan. antara lain peraturan-peraturan yang diamanatkan oleh uu seperti peraturan pemerintah, peraturan menteri, pembentukan dan pengaturan dewan arsitek. juga pranata keprofesian yang lain, misalnya indemnity insurance dan sistem lisensi.

mudah-mudahan, untuk setiap perkembangan berikutnya, saya tidak lalai untuk menuliskannya disini.

hari ini, saya berhenti sampai disini dulu.

 

Advertisements


3 Responses to “(r)uu arsitek”

  1. 1 e

    update:
    rencana rapat kerja antara komisi v dengan pemerintah dijadwalkan tgl 4 juli, kemudian dimasukkan ke bamus agar pada sidang paripurna berikutnya dapat dijadwalkan pengesahan uu arsitek.

  2. 2 e

    update2:
    rencana rapat kedja reskedul ke tgl 10 juli, dengan harapan bila sepenuhnya disetujui, dapat dibawa ke sidang paripurna dpr tgl 11 juli untuk disahkan menjadi uu arsitek.

  3. 3 e

    alhamdulillah ..
    uu arsitek telah disahkan melalui sidang paripurna dpr pada tgl 11 juli 2017.
    overnight success takes years of hard work.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: